Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari H, Kamu sudah mempersiapkan semuanya?

Persiapan pernikahan sangat kamu butuhkan saat membicarakan acara besarmu dan pasangan. Sebab andai tanpa persiapan, pernikahan akan dilangsungkan akan menjadi berantakan, baik dari sisi acara maupun biaya. Pengeluaran bakal lebih banyak sebab tidak melakukan perencanaan sebelumnya. Kamu mau pernikahannya berkesan, tetapi tentunya tidak sampai melebihi dari budget kamu dan si doi, bukan?

Karena itu, prnting banget kamu untuk menyediakan waktu untuk merundingkan mengenai persiapan pernikahan dengan si doi. Namun, apa saja persiapan pernikahan yang perlu kamu lakukan?




Persiapan Pernikahan Sederhana


Berbicara tentang acara pernikahan yang mewah dan sederhana, tentu dua-duanya mempunyai persiapan yang berbeda dengan total biaya pengeluaran yang berbeda pula. Semakin mewah suatu acara, semakin rumit susunan persiapan dan semakin tidak sedikit biaya yang butuh disiapkan.

Pernikahan sederhana juga bukan berarti tidak menghabiskan banyak biaya. Tetap terdapat sejumlah biaya yang perlu kamu persiapkan, tetapi tentu tidak akan menghasilkan pernikahan yang megah. 

Berikut susunan persiapan pernikahan sederhana yang perlu kamu perhatikan:

1. Biaya Untuk Pernikahan


Biaya dihubungkan dengan konsep pernikahan sederhana yang kamu dan si doi inginkan.

2. Tanggal Pernikahan 


Tentukan tanggal pernikahan sebelum melanjutkan proses persiapan untuk meregistrasi ke KUA atau kantor pendaftaran sipil.
Administrasi pencatata pernikahan: Urus administrasi yang menjadi kriteria kelengkapan calon pengantin guna mendaftarkan tanggal pernikahan dan membuat dokumen resmi menikah.

3. Lokasi Pernikahan
Umumnya pernikahan sederhana dilaksanakan di tempat tinggal untuk menghemat biaya. Alternatif lain, tempat pernikahan sederhana dapat berupa aula gedung, taman belakang rumah, atau villa kecil.

4. Jumlah Tamu Undangan & Keluarga
Jika merencanakan acara sederhana, kamu dan si doi perlu memberi batas jumlah undangan. Biasanya, hanyak keluarga, saudara dan rekan dekat yang diundang dari kedua belah pihak. Banyaknya jumlah tamu undangan ini bakal menambah banyaknya jamuan yang bakal dihidangkan.

5. Jamuan Atau Hidangan Pernikahan


Kamu dapat menghidangkan menu makanan apa pun dalam pesta pernikahanmu. Namun bila mau menghemat biaya, dianjurkan untuk menghidangkan 3-4 jenis menu pada meja prasmanan, serta 1 sampai 2 menu sampingan. Jenis lauk yang dihidangkan pun bisa memengaruhi besaran budget yang dikeluarkan. Misalnya, memilih menu olahan daging sapi bakal lebih mahal ketimbang menu olahan ayam.

6. Dekorasi Pernikahan


Pernikahan yang sederhana tidak memerlukan hiasan yang begitu mewah. Alternatif lainnya, kamu dan pasangan bisa memainkan kreativitasmu guna mendapatkan dekorasi yang tampak manis dengan harga terjangkau.

7. Makeup & Baju Pengantin


Kamu bisa memilih paket pernikahan yang sudah merangkum riasan dan baju pengantin. Dengan begitu, kamu dapat menghemat budget untuk pengeluaran ini.

Baca Juga : Paket Wedding Murah Di Cilegon
8. Souvenir Pernikahan


Souvenir pernikahan bisa memilih benda-benda yang sederhana tetapi dapat dipakai sehingga tetap berkesan untuk tamu undangan. Pilihan benda seperti ini dapat meminimalisir budget pengeluaran pernikahan.

9. Adat Pernikahan
Pilihan persiapan ini adalah opsional saja. Karena terkadang, pernikahan dengan adat bisa menghabiskan biaya lebih banyak. Tapi jika memang hendak menggunakan adat, dan sesi adat itu dapat disederhanakan, maka ini bisa masuk sebagai di antara persiapanmu.

10. Panitia persiapan pernikahan
Panitia persiapan ini bisa berasal dari keluarga ataupun tetangga rumah, dan kamu dapat meminimalisir pengeluaran dengan mengurus pernikahan sendiri ketimbang memakai wedding organizer (WO).

Nah itulah Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari H. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang mau melangsungkan pernikahan. Jika kamu yang berdomisili di Kota Cilegon, Serang dan sekitarnya, kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer serang banten dari Ainul Asghary.


Hubungi Kontak Dibawah Ini :
Facebook : Ainul Asghary
Follow IG : @ainulasghary

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari H, Kamu sudah mempersiapkan semuanya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel