9 Biaya Pernikahan yang Harus Disiapkan, Berapa Estimasinya?

Biaya pernikahan menjadi hal sangat penting yang butuh dipersiapkan pasangan yang berencana mengarah ke jenjang pelaminan. Tanpa rincian yang teliti dan perkiraan yang matang, budget pernikahan ini akan lebih banyak dikeluarkan dari budget yang sudah ditentukan. Tidak mau bukan, ada banyak uang yang terbuang sia-sia untuk hari pernikahanmu dengan si doi nanti?


Perencanaan biaya pernikahan
Jika kamu sedang mempersiapkan hari bahagia dengan si doi, kamu wajib menghitung dan mempersiapkan budget pernikahan yang bakal dikeluarkan nantinya. Lalu, kamu juga harus memahami kebutuhan pernikahan yang harus dibayar. Lebih baik lagi andai kamu tau estimasi biaya nikah pada saat ini. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan strategi untuk mengumpulkan biaya pernikahan.
Ada banyak sekali kebutuhan dalam persiapan pernikahan dan pernikahan itupun memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai melupakannya karena sejumlah hal ini lumayan penting dalam persiapan pernikahan. Ini dia susunan pengeluaran budget pernikahan yang harus kamu siapkan.

1. Biaya Administrasi Pendaftaran Pernikahan


Administrasi di KUA
Sebelum menikah, urusan kesatu yang harus kamu dan si doi siapkan ialah administrasi pencatatan menikah di KUA. Jika beragama Islam, kamu harus mempersiapkan biaya pendaftaran pernikahan ke kantor urusan agama (KUA) tempatmu melangsungkan pernikahan. Hal yang sama berlaku pada pernikahan pada agama dan kepercayaan lain, kamu perlu mengunjungi Kantor Catatan Sipil guna mendaftarkan pernikahan itu. Jika tidak mengikutsertakan diri, pernikahanmu tidak akan sah dimata negara.

2. Biaya Sewa Gedung


Sewa Gedung
Kemudian, kamu harus mempersiapkan biaya untuk menyewa gedung. Jika berniat menggelar pernikahan yang mewah atau besar, kamu harus menyewa gedung yang bisa memuat para tamu yang banyak minimal seperti aula serbaguna, ruang konferensi hotel, atau aula masjid. Jika hendak melangsungkan pernikahan di lokasi tempat tinggal mempelai perempuan, kamu terbebas dari biaya sewa gedung ini.
Namun, jika kamu tetap menghitung sewa tenda untuk acara pernikahan di rumah. Semakin luas dan semakin tinggi tenda, semakin besar biaya yang dikeluarkan nantinya. Lalu, pastikan kamu tetap menghitung biaya parkir jika mau menggunakan tukang parkir atau mau menyewa sebuah halaman sebagai lahan parkir pada saat acara pesta pernikahan nanti.

3. Biaya Catering / Biaya Memasak

Biaya Catering
Faktanya, budget untuk makanan pernikahan atau catering menjadi salah satu biaya nikah yang paling besar. Karena itu, kamu perlu perhitungkan sedetail mungkin. Kamu butuh memilih jenis menu dan banyaknya tamu guna mendapatkan perhitungan biaya catering yang bisa menghemat biaya. Semakin banyak jenis makanan, semakin susah olahan hidangan, dan semakin banyaknya tamu undangan yang diundang, sangat bisa memengaruhi besaran budget catering pesta pernikahan kamu. Sebagai alternatif, kamu bisa jasa layanan catering wedding murah di cilegon milik Ainul Asghary untuk menunjang hidangan pernikahan kamu nanti. 

4. Biaya Rias & Baju Pengantin

Rias & Baju Pengantin
Biaya gaun dan makeup pengantin juga lumayan penting dalam pernikahan. Istilah 'ada' harga ada 'rupa' menjadi kunci dalam menyewa jasa riasan pengantin. Kamu benar-benar butuh mempertimbangkan pemilihan jasa rias pengantin karena jika nggak cocok, pasti akan dominan pada riasanmu di hari pernikahan nanti. Biaya rias pengantin bakal menjadi lebih banyak ketika kamu bakal melangsungkan pernikahan dengan prosesi adat. Ada banyak jasa rias pengantin yang menawarkan paket rias dan gaun. Tentu ini bakal lebih menghemat pengeluaran kamu dan si doi.
Baca Juga : Paket Wedding Murah Di Cilegon Yang Terpercaya
5. Biaya Souvenir & Biaya Undangan 

Souvenir Pernikahan
Undangan dan suvenir nikah pun gak boleh kamu abaikan dan lupakan. Meski terkesan sederhana, undangan dan suvenir sendiri bisa memakan biaya yang besar andai kamu mau desain yang mewah. Semakin banyak permintaan desain dan semakin banyak jumlah yang dipesan, bisa mempengaruhi besaran budget pengeluaran kamu.

6. Biaya Foto & Video Shoot

Biaya foto & video shoot
Apa kamu hendak menyewa jasa potret yang sama untuk prewedding dan pernikahan nanti? Atau kamu mau menyewa jasa video shoot juga untuk kedua acara tersebut? Seberapa banyak tim photo dan video yang kamu butuhkan? Hal-hal seperti ini bisa memengaruhi penghitungan biaya foto dan video. Juga semakin bagus portofolio yang ia miliki, semakin tinggi harga sewa yang bakal dia berikan ke kamu.

7. Biaya Dekorasi Pernikahan

Dekorasi pernikahan modern di cilegon
Tentunya, harus mendekorasi ruangan untuk pernikahanmu nanti! Bagaimana konsep hiasan yang kamu mau untuk pernikahanmu nanti? Kamu bisa menilainya setelah mencari gedung yang tepat. Karena desain gedung tersebut, bisa memengaruhi jenis hiasan yang kamu inginkan. Jika kamu lagi kebingungan atau lagi mencari jasa dekorasi pernikahan modern di Cilegon kamu bisa menggunakan layanan tersebut di Ainul Asghary.

8. Biaya Seragam Keluarga


Seragam Keluarga
Ini pilihan, tetapi gak ada salahnya untuk memasukkan didalam budget pernikahan kamu. Sebab, baju keluarga yang nampak seragam bakal melengkapi nuansa pesta secara keseluruhan. Belum lagi andai kamu mempunyai teman dekat yang mau dijadikan sebagai bridesmaid atau groomsmen, kamu harus menyiapkan sejumlah biaya untuk menyerahkan bahan atau baju pada mereka.  

9. Biaya Hiburan Musik

Hiburan Musik Wedding
Rasanya, pesta tanpa musik bakal terasa sepi bukan? Karena itu kamu butuh mempertimbangkan penyewaan jasa musik untuk acara pernikahan kamu. Terutama jika menggunakan prosesi adat, kamu dan si doi perlu menyewa sanggar seni lengkap dengan pemain musik tradisionalnya.

ESTIMASI BIAYA MENIKAH YANG HARUS KAMU SIAPKAN

Jika sudah memahami hal-hal yang memerlukan persiapan biaya dalam pernikahan kamu nanti, selanjutnya kamu harus merencanakan estimasi biaya nikah. Berdasarkan pengeluaran rata-rata tahun 2019, ini perkiraan dari masing-masing susunan persiapan pernikahan yang telah disebutkan di atas:

Biaya KUA: Rp 600 ribu - Rp 1 juta 
Biaya sewa gedung: Rp 10 juta - Rp 30 juta 
Biaya tenda: Rp 5 juta - Rp 10 juta 
Biaya katering pernikahan: Rp 30 juta - 70 juta (dengan perkiraan 500-1000 porsi)
Biaya rias dan gaun pengantin: Rp 3 juta - Rp 15 juta
Biaya suvenir: Rp 1.500 - Rp 50 ribu per produk
Biaya photo dan video: Rp 2 juta - Rp 12 juta
Biaya dekorasi pernikahan: Rp 3 juta - Rp 8 juta
Biaya seragam pernikahan: Rp 75 ribu - Rp 300 ribu per baju/per kain.
Biaya hiburan musik: Rp 5 juta - Rp 10 juta

Itulah kira-kira estimasi biaya pernikahan dari setiap aspek yang wajib kamu dan si doi persiapkan. Biaya tersebut bisa kurang, bisa lebih, tergantung dari keiinginan kamu dan pasangan (juga keluarga) dalam merangkai pernikahan kalian nanti.

Jika kalian mau menurunkan budget untuk biaya pesta pernikahan, kalian bisa menggunakan pilihan paket pernikahan murah yang sudah di sediakan oleh Ainul Asghary. Kamu bisa langsung hubungi nomer dibawah ini, dijamin kalian bakal mendapatkan pelayanan yang baik. 

Facebook : Ainul Asghary
Follow IG : @ainulasghary
Yuotube : Ainul Asghary

Belum ada Komentar untuk "9 Biaya Pernikahan yang Harus Disiapkan, Berapa Estimasinya? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel